IndoBanner Exchanges

Sunday, March 18, 2007

yang terkuat

Besi itu kuat, tetapi api dapat melelehkannya.
Api itu kuat, tetapi air mampu memadamkannya.
Air itu kuat, tetapi matahari bisa mengalahkannya.
Matahari itu kuat, tetapi awan dapat menghalanginya.
Awan itu kuat, tetapi angin mampu memindahkannya.
Angin itu kuat, tetapi manusia mampu menahannya.
Manusia itu kuat, tetapi ketakutan bisa melemahkannya.
Ketakutan itu kuat, tetapi tidur bisa mengatasinya.
Tidur itu kuat, tetapi mati ternyata lebih kuat.
Yang terkuat adalah kebaikan, ia takkan hilang setelah mati.

Petikan di atas diambil dari buku Way to Win, tulisannya Kang Solikhin penulis buku best seller Zero to Hero. Kedua buku tersebut aku bikin disain covernya dengan gaya buku motivasi. Cuman tulisan ini bukan mau ngupas tentang gaya disain covernya, tapi paling gak kutipan di atas udah ngingetin kita tentang kekuatan yg gak bakalan ancur walau kita udah mati.

Orang 'alim bilang, kita itu selama hidup tuh sebenernya ditemenin tiga hal. Temen pertama adalah harta benda, kekayaan, jabatan, pangkat dan lain2. Temen kita yang kedua; anak, istri/suami, sanak saudara, kerabat, tetangga dan lain2. Dan temen terakhir kita yang ketiga adalah, amal kebaikan.
Nah... ketika maut menjemput, kematian adalah suatu kepastian. Saat jasad diusung dalem keranda, temen kita yang pertama gak mau ikutan. Bahkan ngiring sampe kuburanpun gak mau !!. Rumah mewah berlantai 4 tetep aja nongkrong di t4. Sebrankas uang tunai, sederet rekening di 10 bank dalem dan luar negeri, tetep aja dit4nya. Bahkan jabatan strategis, pangkat berlipat2... malah jadi rebutan bawahan.

Trus... gimana dengan temen kedua ?? Masih mending... artinya, anak, istri/suami, temen deket, handai taulan.... masih menunjukan simpatinya dengan ikutan ngiring sampe kuburan. Tapi... ketika jasad dimasukin ke liang lahat, adakah yg mau nemenin ?? Gak ada !! Berikutnya, mungkin mantan istri/suami malah bakalan kawin lagi. Anak2 yg durhaka... boro2 do'ain orangtua malah pada rebutan harta warisan. Temen sejawat, kali aja akan memanfaatkan kesempatan buat nggantiin posisi jabatannya. Lalu sapa seh temen kita yang setia... yang bakal nemenin terus sampe ketemu dengan Yang Maha Hidup ??? Sapa lagi... temen kita khan tinggal satu, amal kebaikan !!. Temen inilah yang bakalan setia nolongin kita di Persidangan Agung... dimana gak ada lagi pembela atau pengacara.

Ironisnya.... dari ketiga temen tadi, mana seh yang paling banyak kita cari selama hidup ini ?? Boro2 ngejer amal kebaikan... bahkan saling jegal sesama temen atau bahkan saudara... cuman buat ngedapetin temen pertama yg bernama harta kekayaan... yang tingkat kesetiaannya paling kecil... yang gak mungkin nemenin sampe ke alam baqa. Umur kita abis cuman buat ngejer temen sementara, temen semu... temen yang gak pernah setia... salah2 bahkan bikin berat timbangan dosa kita. Na'udzubillah. Benerlah nasihat Abu Bakar Ash-Shidiq... "Nak, carilah kematian... niscaya 'kan kau temukan kehidupan".
posted by cc-line at 7:33 PM 3 comments links to this post  
Wednesday, February 28, 2007
the power of love

selepas Dzuhur di perbukitan Semanu, Gunung Kidul, Jogja... Trisno yg pengantin baru, mengayuh sepeda 'onthel'nya ngelwatin jalan berbatu dan menanjak. Di boncengan belakang, istrinya dengan bobot dua setengah kali berat tubuh Trisno, menggelayut manja memeluk pinggang. Sesekali nyubit paha suaminya yang kerempeng. Keringat sebesar jagung dah dari tadi mbasahin kening Trisno dan terus ngalir sampe netes di dagu. Orang2 di sepanjang yang dilewatinya cuman bisa nggeleng2in kepala.
Kenapa Trisno begitu bersemangat seolah gak bawa beban ?? Kekuatan apa yg bisa bikin dia begitu bahagia ?? Jawabannya, karena dia ‘cinta’ dengan istrinya. Cinta mampu bikin tanjakan seolah jalan yg menurun, teriknya matahari terasa sesejuk kulkas, beban berat terasa ringan... dan cucuran keringat adalah bingkisan buat si jantung hati. Buat urusan yg ginian, Islam nyebutinnya mawaddah wa rohmah. Dan orang banyak menafsirkan mawadah = cinta, sedangkan rohmah = kasih sayang. Ada yang bilang hakikat cinta tuh kesediaan buat memberi, dan kasih sayang adalah kesediaan buat menerima apa adanya.
Jangan dulu bilang cinta, kalo bisanya cuman menuntuuuuut melulu.... dan gak pernah ngasih. Jangan dulu bilang sayang, kalo belum dapat nerima segala kekurangan. Akhirnya... jangan dulu bilang mencintai Allah dan Rosul-nya, jika kita masih ngerasa terpaksa buat melakukan perintah-Nya. Boro2 hati ini bergetar ketika disebut nama-Nya segetar ketika orang nyebutin nama sang pacar. Bahkan yg terucap malah gerutuan, kalo lagi asyik beraktivitas tiba2 berkumandang adzan. Na’udzubilah. Sepantasnya kita bersyukur bahwa kita masih dikasih umur hingga adzan berikutnya, sehingga masih ada kesempatan buat nemuin Sang Kekasih.
Kalo kita emang cinta sama Dia, apa yang udah kita berikan ?? Sehari semalem dalam sholat, berpuluh kali kita minta biar ditunjukkan jalan yang benar. Namun ketika jalan itu dah di depan mata, kita malah milih jalan yang membelok. Jalan yang ‘benar’ tuh jalannya para Nabi & Rosul beserta sahabat2nya, yang gak pernah korupsi bukan karena takut sama KPK, yang gak pernah selingkuh bukan karena takut sama bini. Tapi orang2 sholih yang nempatin cinta kepada-Nya diatas cinta kepada yang lain.
Hmmhh.... kekuatan cinta. Sebuah kekuatan yang dahsyat, yang mampu menciptakan realitas baru seperti Trisno. Kekuatan yang mampu merubah sesuatu yang memberatkan jadi ringan, yang susyah jadi terasa mudah. Kekuatan yang mampu merubah kewajiban menjadi kebutuhan, karena Allah gak butuh apa2 dari kita. Tapi kitalah yang membutuhkan-Nya.... bahkan sangat membutuhkan-Nya sampe ntar di alam yg abadi.
posted by cc-line at 4:57 PM 3 comments links to this post  
Tuesday, February 20, 2007
dasar... iblis !!!

ada satu penyakit yang umurnya udah berabad2 lamanya. Lebih lama dari penyakit AIDS, Cikungunya, Demam Berdarah, Flu Burung apalagi Panu. Karena penyakit ini neh, seumuran sama usia manusia... namanya penyakit sombong bin takabur.

Dikisahkan dalam Al Qur'an.... ketika manusia pertama yg dikasih nama Adam diciptakan, Allah swt. ngasih instruksi bahwa semua mahkluk harap bersujud kepada Adam. Lalu sesaat kemudian... semua pada sujud, termasuk malaikat. Kecuali Iblis (laknatullah). Lalu Allah swt-pun menegurnya, kenapa Iblis gak mau sujud ?? apa jawaban Iblis ?? Dengan sambil cengengesan... dia bilang "hehehe.... ana khoiru min hu !" yang artinya... gw lebih baek daripada dia (Adam) !. Masih dengan sikap yg cengangas-cengenges... dia lanjutin "kholaqtani min naar, wa kholaqtahu min thiin... huhhh !!" artinya... Engkau ciptakan aku dari api... sedangkan dia (Adam) Kau bikin dari tanah...

Inilah kesombongan yag pertama kali dilakuin oleh makhluk-Nya. Dasar Iblis !!! Dengan bangganya dia bilang bahwa api lebih baik daripada tanah. Padahal yg namanya api tuh gak bakalan idup tanpa adanya bahan bakar, entah itu minyak, gas, kayu... bahkan hutan sekalipun !!. Ironisnya kita suka lupa... bahwa tanah tuh jauh lebih kuat dari api. Sebatang lilin yang menyala, ketika ditimbun dengan segenggam tanah.... matilah dia. Tapi.... di Kasongan (Jogja) tempat industri keramik dan gerabah dibuat, di Gombong (Ja-Teng) tempat pabrik2 bikin genteng... segenggam tanah dipanasin beratus2 bahkan beribu derajat... bukannya ancur, bahkan makin kuat dan keras. Kita dah ditipu sama Iblis... dibikin shock duluan dengan tipudayanya !

Kelebihan Iblis inilah yg kadang menyusupi kekurangan kita. Dengan teknologinya yg demikian canggih dan halus... kadang2 kita gak nyadar, kalo sebenernya kita lagi dikerjain sama Iblis. Ketika manusia digoda dengan harta, jabatan, kenikmatan dunia... masih bisa lolos, maka mulailah Iblis menyerang dengan pujian dan sanjungan. Membikin kita betah berlama2 didepan cermin... muter kanan, muter kiri... senyam-senyum seolah kitalah yg paling cakep, paling pinter, paling bijaksana-bijaksini. Melangkah keluar rumah dg mbusungin dada... PKI (pake kacamata item), naik motor/mobil musti ngebut... (jagoan man !!). Seolah orang lain semua berada dibawah kita. Astaghfirullah.... Jika yg kaya' gini gak segera diobatin, bisa ngurangin bahkan ngilangin kekihlasan kita dalam beramal. Kita gak bisa hidup sendiri... kita butuh orang lain, bahkan untuk kerjaan yg paling ringan sekalipun, misalnya 'tersenyum'... kita perlu orang lain ! Kalo gak percaya... silahkan senyam-senyum sendiri di piggir jalan... Jangan salahkan, kalo orang2 pada ngacir !!!.

Penyakit sombong ini kalo didiemin, bukannya sembuh.... tapi makin parah. Kalo tadinya cuman bangga dengan dirinya sendiri dan nganggep orang laen remeh... maka next step adalah iri. Gak seneng liat orang lain sukses !. Panas, liat tetangga ganti mobil. Stress, liat temen sekantor dipromosiin posisinya. Nah kalo iri ini juga gak diobatin, stadium berikutnya adalah dengki. Bukan cuman gak suka orang lain sukses, tapi Iblis semakin mencengkeram dengan bisikan2nya... mulai mikir buat mencelakai atau nggagalin karier temennya. Pada akhirnya... otak dan hati makin membara... dihalalkan segal acara buat ngerebut kesuksesan orang lain tersebut. Na'udzubillah !!!

Hmhhh... sombong, penyakit berbahaya yg udah ada dari jaman Nabi Adam hingga sekarang, tapi kita sering merindukannya. Ketika hidup makin sulit, bahkan ada orang yang mengutuki nenek moyangnya... "gara2 Adam makan buah terlarang... hidup jadi susyah di dunia ini. Coba kalo dia gak makan buah larangan, manusia masih enak2 hidup di sorga...." Dasar manusia... diuji dengan kesyusahan, menggerutu !! diuji dengan kesuksesan.... jadi sombong !!... kapan bersykurnya ???
posted by cc-line at 3:48 PM 2 comments links to this post  
Monday, February 12, 2007
thief of time


apa yang paling jauh jaraknya dengan kita ? Jawabannya... waktu yang udah lewat, bahkan saking jauhnya... sampe2 kita gak bakalan bisa ketemu lagi sama dia ! Emang begitu pentingnya waktu buat kita ??? Yup's so pasti... karena waktu teruuusss aja jalan dan kita gak bisa menghentikannya. Jarum jam mungkin aja bisa kita berentiin... tapi waktu tetep aja melenggang. Orang sholih pernah bilang "siapapun yang udah ngelewatin sehari dari umurnya bukan buat ngelakuin suatu kebenaran, atau buat ngelaksanain suatu kewajiban, atau menggali kemuliaan, atau belajar suatu ilmu yg baik, maka dia udah mendurhakai harinya dan menganiaya dirinya" Nah, loh.... !!

Makanya... kenalin tuh pencuri waktu !!! dedengkotnya adalah malas, suka nunda2 kewajiban, kerjaan, tanggungjawab ! Ironisnya... kita dengan ikhlasnya nyerahin sesuatu yg sangat berharga (baca: waktu) kepada pencuri waktu tsb. Kecurian harta... hebohnya minta ampun, diusut dari RT, Polsek... sampe MenHanKam jika perlu. Padahal kehilangan harta benda masih bisa diusahain lagi. Tapi kalo waktu yang udah ilang... kemana musti lapor ??? Atau malah gak berniat ngelapor... karena emang udah ikhlas dijarah sama si'malas' ???

Umur ... dah dikasih berpuluh2 taun. Tapi apa yang udah kita kerjakan buat diri sendiri, orang laen, lingkungan, agama, atau bahkan sedikit waktu untuk Tuhan ?? Allah SWT udah ngasih waktu yang sama, 24 jam pada setiap orang. Tapi kenapa ada orang yg buru2 terus... seolah waktunya gak pernah cukup. Ada juga orang yg santeee banget... kaya'nya waktunya lebih dari 24 jam, tau2 bangkrut !!!. Dengan waktu yang sama... ada orang sukses mimpin berbagai perusahaan... tapi ada juga yang gagal mimpin keluarga, bahkan mimpin dirinya sendiri aja gak mampu.... !

Orang sholih bilang, hidup di dunia ini cuman bentaaaarrrr banget, kalo dibandingin dengan hidup di alam 'sono' yg kekal abadi. Padahal malaikat dalam nyabut nyawa manusia gak urut umur, apalagi urut alphabet. Ada yg bilang kematian itu kaya' buah kelapa... ada yang masih degan udah jatuh. Bahkan yang baru bunga udah rontok juga banyak... tapi ada juga kelapa yang udah kering gak jatuh2, kejepit pelepah diambil susyah. Orang tua meninggal, biasa. Anak muda mati, banyak... anak2 tewas juga gitu. Bahkan yang masih dalem kandungan digugurkan, juga ngetrend ! Na'udzubillah. Semua pengen masuk sorga, tapi takut mati... padahal gak ada sorga tanpa diawali dengan kematian. Gak ada gunanya umur panjang, kalo dipake buat maksiat mulu... dan gak ada jeleknya umur pendek, kalo emang Allah menghendaki biar manusia gak kebanyakan dosa.

Begitu pentingnya waktu bagi kita yg masih hidup, yang masih dikasih kesempatan buat manfaatin sebaik2nya. Jangan bikin singkat umur di dunia yang udah singkat dengan banyak bermaksiat. Ngapain juga waktu kita cuman buat stresss mulu... belon sempet bahagia, tau2 dah disamperin sama malaikat pencabut nyawa... Udah di dunia rugi... di akhirat apalagi !! Makanya gak heran bahkan Allah SWT sendiri bersumpah atas nama waktu : "Demi waktu. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang2 yang beriman dan mengerjakan amal sholih dan saling menasehati supaya mentaati kebenaran dan saling menasehati supaya menetapi kesabaran" (Al-'Ashr: 1-3)
posted by cc-line at 5:46 PM 8 comments links to this post  
Thursday, February 08, 2007
jahilun dan banjir


alkisah.... gak biasanya di Baghdad terjadi banjir besar, sejauh mata memandang yg kliatan cuman air... dan air ! Ketika sebagian besar penduduknya dievakuasi, sebut saja namanya Jahilun tenang2 aja ditengah genangan air. Air dah setinggi perut ketika perahu relawan melintas di depannya, tapi Jahilun menolak evakuasi dengan alasan dia dah 'tawakal' pada Tuhan..... Ketika ketinggian air dah nyampe leher, lewat lagi prahu relawan berikutnya. Dan untuk kedua kalinya Jahilun menolak evakuasi dengan alasan yg sama. Akhirnya.... tenggelamlah Jahilun dalam ke'tawakal'annya.

Dihadapan Sidang Pengadilan Agung di negeri 'sono', Jahilun mencak2 sambil protes kepada Tuhannya karena dah 'tawakal' tapi tetep aja tenggelam 'n akhirnya death ! Sebelum Tuhan ngejawab, malaikat yg dari tadi dah panas kupingnya... maju ke depan ! Gak kalah mencak2nya dg Jahilun, dia bilang : "loe yang bego... dasar Jahilun (bodoh) ! Tuhan udah ngirim pertolongan sampe 2 kali tapi loe tolak terus2an !!!". Nah loh !!! Jahilun terkulai lemes... bengong.... shock. Sebagian kita dah terbiasa dg yang namanya bencana, cuman bedanya biasanya cuman baca di koran atau liat di TV, tiba2 tanpa persiapan... menimpa kita juga !!! Trus, langkah berikutnya nyari siapa yang salah, nyalahain alam, pemerintah... bahkan nyalahin Yang Maha Benar. Jarang yg dengan penuh kesadaran kemudian introspeksi atas apa yg selama ini udah dilakuin. Kita terlalu silau dengan gemerlap dunia hingga lupa akhirat. Khalil Gibran bilang.... "kita bisa liat bayangan hitam diri kita sendiri, ketika membelakangi matahari".

Sebagian lagi malah nyalahin air, padahal Allah SWT menciptakan air tuh dg sangat istimewa. Bayangin, air itu satu2nya zat cair yg ketika membeku malah jadi ringan. Makanya kalo minum es teh... esnya ngapung, di kutub utara/selatan banyak gunung2 es yang ngapung juga diatas permukaan air. Padahal bumi kita ini sebagian besar berisi air, tubuh kita juga terdiri dari cairan., yang jelas kalo gak ada air... kiamat dah !!. Tapi kebanyakan air juga jadi bencana.... tiba2 aja semua seolah menjadi musuh ! Apa emang udah gak ada orang shalih/shalihah ?? koq tega2nya Allah ngirim air sebanyak itu ke Jakarta ?? Ilustrasi singkat kata orang pinter... ketika kaki/tangan kita dikerubutin semut, trus ada satu yg gigit... kira2 kita akan nyari dan mencet yg gigit itu aja.. tau dirontokin semua semut yg nempel dibadan ??

Kaya'nya emang gak harus nunggu sampe banjir segede jaman Nabi Nuh a.s. deh, dimana bukit sekalipun bisa ditenggelemin. Cuman masalahnya, adakah perubahan perilaku kita jadi lebih baik ketika air perlahan dah mulai surut ?? Atau tetep aja kaya sebelum banjir ?? bahkan lebih 'gila' dan menjauh dari-Nya ?? Atau stress gara2 sebagian hartanya udah gak bisa dipake lagi ?? Dalam suatu kisah diceritain tentang Nabi Ayub a.s. diuji dengan sangat mengenaskan, bahkan bukan cuman hartanya yg hangus... anak2nya yg disayanginya juga tiada... tinggalah dia dg istri tercintanya yg udah ampir nyampe ambang batas kesabrannya. Dan ketika istrinya merengek agar Nabi Ayub berdoa biar dihindarkan dari cobaan tersebut (khan nabi, do'anya pasti didenger)... dengan tenang dia menjawab "aku rasanya malu buat nengadahin tangan... meminta2, bukannya udah berpuluh2 taon dikasih nikmat yg gak bisa diitung ?? baru diuji 'dikit' aja dah merengek2" Rasanya, ujian, bencana... yg nimpa kita belon seberapa jika dibanding Nabi Ayub. Emang seh, kita khan bukan nabi... tapi bukannya berusaha untuk jadi lebih baik itu juga udah suatu kebaikkan ??. Energi dan pikiran kita kadang abis cuman buat ngeratapin masa lalu dan ngkhawatirin masa depan... sampe gak sempet lagi mensyukuri apa yg ada di depan mata.
posted by cc-line at 6:28 PM 5 comments links to this post  
Monday, January 29, 2007
jahiliyah modern


ada yg bilang, jaman sekarang lebih jahiliyah (bodoh) dibanding jamannya Rosulullah SAW. Karena ketika Aminah, ibunda Rosul karena suatu hal gak dapat nyusuin anaknya, maka dicarilah 'ibu susu' buat buah hatinya. Caranyapun gak gampang, sebab musti diteliti betul kualitas 'ibu susu' tersebut. Baik masalah kesehatan fisik, apalagi kesehatan mentalnya. Sehingga harapannya anak yang disusukan akan tumbuh bukan cuman jadi anak yang sehat dan cerdas, tapi juga berakhlak mulia. Walaupun ASI yang mengaliri tubuhnya bukan dari ibu kandungnya, tapi dari seorang wanita yang bener2 berkualitas dan terpilih.
Yuk kita tengok yang terjadi dijaman sekarang... (yuk... ya'.. yuuuukkk!). Ketika seorang ibu karena beberapa hal gak mau nyusuin anaknya (alasan menghambat karier, takut gak seksi lagi, gak praktis, dll) maka dicarilah 'ibu susu' buat anaknya. Bedanya, jaman sekarang seleksinya relatif lebih mudah, karena tinggal beli susu formula diseduh oleh babysiter... siap deh disajikan. Padahal ibu-ibu yang cerdas tersebut tau betul dari apa susu formula itu dibikin. Baik merk yang nyebutin nama 'COW' maupun tidak, kebanyakan susu formula diambil dari susu Sapi. Artinya, 'ibu susu' yang dipilih buat anak2nya adalah Bu Sapi.
Padahal, Allah SWT bikin susu sapi kaya'nya ya buat anak sapi bukan buat anak manusia. Walaupun kandungan nutrisinya, proteinnya, dsb. mencukupi kebutuhan bayi manusia, tapi ada hal2 yang tidak 'kasat mata' yang gak dimiliki susu formula dengan botol dot-nya. Ketika seorang ibu menyusui anaknya dengan ASI, mendekapnya dengan penuh kasih sayang... gak cuman cairan ASI yang mengalir ke tenggorokan anaknya. Tapi juga terjadi proses komunikasi non verbal antara anak & ibu. Kegelisahan ibu, kemarahan ibu, atau bahkan ketidak ikhlasan menyusuinya dapat dirasakan olah bayi tsb. 'Dialog' kaya' gini gak mungkin bisa diwakili oleh botol susu, tanpa disadari ibu tersebut udah ngajarin sebentuk 'kekerasan' bahkan dengan orang yg paling dekat sekalipun. Kedekatan psikologis yg dibutuhin bayi, gak pernah didapat.
Kalo dokter anak nganjurin ASI ekslusif selama 6 bulan, maka Islam menyarankan pemberian ASI selama 2 tahun. Bukan tanpa alasan !. Karena pada usia2 inilah 'peletakan batu pertama' pondasi pembangunan fisik dan mental anak. Gimana seseorang dapat tumbuh dengan fisik yang sehat dan akhlak yang mulia, kalo pondasinya gak dibuat dari bahan2 yg berkualitas ?. Udah banyak penelitian tentang kandungan ASI, mulai dari proteinnya, vitaminnya, bahkan sampe kandungan zat antibody yang gak ada pada susu manapun. Hehehe.. secara gak sadar kita udah ngajarin 'korupsi' sejak anak2 baru lahir. Kita udah ngebohongin anak sendiri, dengan ngasih ASI yang palsu ! Jangan2... sekarang banyak anak gak nurut sama ortu-nya, cenderung menentang, bahkan jadi musuh... gara2 salah masang pondasi.
Tulisan ini bukan disponsori oleh Dinas Kesehatan... atau semacam kampanye anti susu formula, cuman analisa kecil merujuk pada jaman Rosululloh SAW. Emang susyah... kalo ngingetin orang yang dah tahu betapa hebatnya ASI, tapi tetep ngotot pada pendiriannya. Hal ini akibat dari gilasan arus globalisasi yg gak bisa dibendung, pola hidup dan gaya hidup yang cenderung materialis, dimana sesuatu selalu diukur dengan materi. Padahal banyak hal yg dibutuhkan anak, yg gak bisa digantikan oleh harta. Satu hal lagi... menurut penelitian, salah satu keunggulan ASI karena botolnya 'stainless' ( ???? )
posted by cc-line at 4:50 PM 6 comments links to this post  
Sunday, January 21, 2007
"burung"ku enggak flu


nah loh ! .... jangan gampang terpengaruh sama tanda petik (").... Kata "burung" yang dijudul itu buat merujuk pada Unggas, karena walaupun wabah mematikan yang lagi 'naik daun' namanya Flu Burung, toh yang nyebarin bukan cuman burung, tapi hampir semua unggas. Ntar kalo dah Pebruari, melihara ayam di Jakarta bisa kena pidana lho !. Kita nggak mbayangin kalo suatu saat, punya ayam termasuk 'kejahatan'. Tapi emang Allah berkehendak laen, kali ya... manusia dah diperingatin dengan berbagai cara, tetep aja suka menentang kebijakan-Nya. Padahal banyak hal yang bisa diperoleh dari unggas, opor ayam, ayam gorang, ayam bakar, puyuh goreng, bebek kremes.... dll, belom lagi manfaat telornya. Allah juga dah ngasih contoh buat kita lewat keluarga unggas.

Liat aja kehidupan di sebuah komplek perumahan elit "Unggas Permai".
Yang pertama rumah tangga model keluarga Om Bebek (itik). Gak tau lagi istilahnya buat Om Bebek yang hobi kawin ini, kalo seorang muslim poligami maksimal 4, dalam satu rumah Om Bebek ini bininya bisa ampe 40 ! (10 X lipat manusia). Gak percaya ? bisa tanya sama sarjana peternakan. Tante Itik gak kalah 'kebangeten'nya. Bayangin, beliau2 ini bisanya cuman berbuat dan gak mau tanggungjawab, maunya cuman seneng2 aja. Setelah mengandung, melahirkan telurnya... gak mau ngeramin ! (emang pernah liat itik ngeram ?). Anak2nya dibiarin diasuh orang (baca: unggas) lain, bisa Orangtuanya, Mertuanya, Pembantunya ... dan selanjutnya Tante Itik ini akan sibuk dengan aktifitasnya sebagai 'betina karier'. Kehidupan keluarga yang bener2 broken home.

Model berikutnya kehidupan keluarga Pak Jago, beliau ini juga paling doyan kawin. Gak peduli itu bini tetangga, bawahannya, saudarinya, adik iparnya... bahkan yang paling 'bejat' adalah anak perempuanya sendiri, tega digaulinya. Pak Jago bisa ML disembarang tempat gak peduli diliat orang, kalo dah tersalurkan libidonya... urusan selesai. Persetan dengan tanggungjawab, pendidikan anak dsb. Nah, untungnya Bu Ayam ini termasuk betina yang cukup sabar. Hasil perbuatannya dengan Pak Jago senantiasa dierami, dijaga, bahkan kadang ngeramin juga telor Tante Itik, badannya sampe kurus... hingga anak2nya menetas. Anak-anaknya dibesarkan dengan single parent. Diajarinya nyari makan, diasuhnya dengan kasih sayang. Gajah sekalipun kalo berani nggangguin anak2nya niscaya bakal dilabrak, kasih sayangnya yang tulus bahkan mampu melampaui logika, bukannya kekuatan Gajah jauh di atas kemampuannya ?. Bu Ayam ini rela berkorban apapun buat keselamatan dan masa depan anaknya. Namun... Bu Ayam ini juga penganut Poliandri, termasuk mau juga sama anak jantannya.

Model keluarga yang ketiga adalah keluarga Pak Merpati yang hari-harinya dipenuhi dengan kemesraan diantara mereka. Pasangan ini mendayung bahtera keluarganya berdua, mulai dari mencari nafkah, mengerami telur2nya, mengasuh anak2nya... mereka berdua bergantian dengan saling pengertian. Baik Pak Merpati maupun Bu Merpati, tau betul hak dan kewajibannya, gak bakalan nuntut hak kalo kewajiban belom ditunaikan dengan benar... pasangan yang ideal. Gak heran, kalo banyak kartu undangan pernikahan bergambar sepasang merpati.

Itu cc-line (baca: sisi lain) dari kehidupan unggas yang lagi gencar2nya dibinasakan, karena kesalahan yang gak mereka ketahui. Sekali lagi cerita diatas cuman terjadi pada komplek perumahan elit "Unggas Permai", bukan di t4 kita, yang jelas Allah telah memberikan banyak contoh buat kehidupan manusia, tapi kita kadang gak bisa membacanya. Bukankah tragedi anak Adam, Qobil dan Habil juga 'berguru' pada unggas, burung gagak ketika menguburkan jenazah saudaranya ?

Allah udah ngasih contoh dan menegur kita dengan cukup sopan, lewat bencana alam, kecelakaan sarana transportasi, wabah penyakit dan lain-lain... adakah kita mendengarnya ? 'Met taon baru 1428 Hijriyah... moga aja di taon ini kita lebih peka dalam memaknai contoh dan teguran-Nya. Amien. Sebab makin nambah umur, makin jauh kita tinggalin garis Start... berarti kita makin deket sama garis Finish.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home